Berita Bin Baz

Islamic Centre Bin Baz

LOMBA OSPIC MA ICBB

Abu Bassam | Sabtu, 24 Mei 2014 - 15:08:56 WIB | dibaca: 2861 pembaca

(YOGYA-ICBB) Organisasi santri (OSPIC) Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta mengadakan lomba atau Musabaqah Bahtsul Masail untuk yang ke 3 kalinya. Lomba Bahtsul Masail bertujuan untuk mengembangkan potensi dan skill ilmiah para santri khususnya dalam menyelesaikan berbagai problema seputar kehidupan beragama.

Peserta lomba terdiri dari 6 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 2 orang santri. Kelompok dipilih dari perwakilan setiap jenjang kelas Aliyah dari Jurusan IPA (Kelas X A, B, C serta XI A) dan Keagamaan (Kelas XI B dan C)

Lomba tersebut dilaksanakan pada hari Rabu malam (22/5-2014.) Bertindak selaku MC atau moderator pada acara ini adalah 2 orang santri Aliyah kelas XI yang bernama Muzakki Hamam (jurusan IPA) dan Mas Alif Sholahudi Al-Ayyub Ahmad (jurusan Keagamaan).

Selaku juri dari Lomba Bahtsul Masail kali ini adalah: Ustadz Armin Akbar, Lc, Ustadz Salman dan Ustadz Ahmad Husaini, Lc. Para peserta lomba dari masing-masing kelompok membawakan materi yang berbeda-beda.

Format lomba Bahtsul Masail adalah presentasi ilmiyah dari tiap-tiap kelompok tentang permasalahan agama kemudian para peserta mengajukan pertanyaan yang bersifat ilmiyah yang harus dijawab, kemudian para juri menilai jawaban-jawaban kelompok yang presentasi. Pada malam tersebut ada 6 judul yang diangkat oleh para santri yaitu:

 

KESESATAN SYI’AH

SEJARAH TURUNNYA AL-QUR’AN

HARUSKAH MENJADIKAN HAM SEBAGAI PIJAKAN ?

PLURALISME

AKHLAQ SEORANG PEMIMPIN

ADAKAH RIBA DALAM BANK SYARI’AH ?

 

Menurut Muhammad Afif Amrulah selaku ketua OSPIC MA ICBB 2013-2014 yang merupakan Panitia Lomba ini bahwa judul yang paling menarik dan seru pembahasannya adalah tema “AKHLAQ SEORANG PEMIMPIN”. Ia menambahkan bahwa insyaa Alloh kelompok yang membawakan tema ini yang akan menjadi Juara.

Berkaitan dengan judul yang dibahas cukup banyak maka acara yang dimulai ba’da Magrib ini berlangsung sampai jam 22.00 baru selesai. Sebelumnya lomba dimulai, ada sambutan dari Ustadz Abu Nida, Lc dan Ustadz Abu Marhamad, Lc mewakili Yayasan dan Islamic Centre Bin Baz.

Semoga acara ini dapat menambah wawasan dan skill ilmiyah para santri MA khususnya dan kita semua pada umumnya. Semoga informasi ini bermanfaat, Barokallohu Fiikum. (*abssm)

 

 

 











Komentar Via Website :


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)